Gondongan Atau Parotitis (Mumps)

Gondongan atau parotitis (mumps) adalah inflamasi pada kelenjar ludah/parotis karena infeksi virus, yang menyebar melalui tetesan dari hidung atau tenggorokan orang yang terinfeksi, biasanya ketika batuk atau bersin.
Gondongan Atau Parotitis (Mumps)
Gondongan Atau Parotitis (Mumps)
Seperti infeksi virus pada umumnya, terapi gondongan tidak memerlukan obat.  Istirahat yang cukup, kompres di leher, berkumur air garam, dll dapat membantu mempercepat kesembuhan dan mengurangi keluhan.

Gondongan Atau Parotitis (Mumps) 


Dalam beberapa kasus, gondongan dapat menyebabkan komplikasi peradangan di organ-organ lain. Infeksi gondongan pada ibu hamil dapat menyebabkan keguguran. Gondongan disebabkan oleh virus yang menyebar melalui tetesan dari hidung atau tenggorokan orang yang terinfeksi, biasanya ketika dia batuk atau bersin. Virus juga dapat menyebar melalui kontak langsung dengan air liur dan kotoran hidung dan tenggorokan orang yang terinfeksi.

Vaksinasi MMR dapat mencegah gondongan, biasanya pertama kali diberikan pada atau setelah ulang tahun pertama anak. Vaksinasi kedua dianjurkan pada usia 4-6 tahun. Sekitar 1 dari 3 orang yang terinfeksi virus gondong tidak memiliki tanda-tanda atau gejala penyakit. Tanda dan gejala  biasanya muncul 12 - 25 hari setelah paparan.

Gondongan - Keluhan pokok:


  1. Demam dan kelesuan umum
  2. Sakit menelan

Gondongan - Tanda penting:

  1. Bengkak dan nyeri tekan di salah satu atau kedua sisi kelenjar ludah
  2. Pembengkakan testis terjadi pada 20-30% laki-laki yang terinfeksi, namun biasanya tidak menyebabkan kemandulan.

Gondongan - Komplikasi


Dalam beberapa kasus, gondongan dapat menyebabkan komplikasi yang mempengaruhi otak (meningitis), testis (orkitis), ovarium (ooforitis), atau pankreas (pankreatitis). Infeksi gondongan selama trimester pertama kehamilan dapat menyebabkan keguguran/ aborsi spontan, tetapi tidak meningkatkan risiko cacat lahir. Komplikasi lain termasuk ensefalitis, meningitis dan artritis.

Gondongan - Prognosis


Tanpa komplikasi, gondongan biasanya hilang dengan sendirinya dalam waktu sekitar 10 hari.
Terapi umum:
  1. Istirahat dan isolasi. Gondongan dapat menular dari 3 hari sebelum sampai 5 hari sesudah onset pembengkakan.
  2. Perawatan pendukung untuk meringankan gejala termasuk kompres es atau hangat ke daerah leher yang terkena, dan pereda nyeri.
  3. Kumur dengan air garam hangat
  4. Makanan lunak dan perbanyak minum.
  5. Hindari jus buah atau makanan asam karena merangsang kelenjar ludah, yang bisa menyakitkan.
Baca Juga Info Tentang Prostat: Mencegah Kanker Prostat Pada Pria
Previous
Next Post »
Thanks for your comment